Mempelajari Fenomena Laut Hingga ke Jepang

by: Ashari Wicaksono, S. Kel., M.Si., M.Sc

Saya adalah alumni Magister Ilmu Kelautan (MIK) Universitas Diponegoro yang memulai studi di MIK pada bulan September 2014, selama studi tersebut saya banyak belajar mengenai konservasi dan genetik. Dengan latar belakang saya dari Ilmu Kelautan yang fokus ke bidang oseanografi, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mempelajarinya.

Pengalaman berharga saya selama menempuh pendidikan pasca-sarjana (S-2) di Magister Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro adalah mendapatkan beasiswa Double Degree Program (DDP) dari BPPLN – Dikti. Magister Ilmu Kelautan Undip memiliki program DDP yang bekerja sama dengan University of the Ryukyus yang berada di Okinawa, Jepang. Saya berkesempatan dibimbing oleh Prof. Yukiharu Hisaki di laboratorium oseanografi fisika dan penginderaan jauh. Selama studi di Jepang, saya juga berkesempatan mengikuti konferensi yang diselenggarakan oleh Geophysical Society dan Meteorological Society.

Kegiatan lain dimana saya berkesempatan mengikutinya adalah penyambutan ekspedisi kapal Majapahit yang bekerja sama dengan KBRI dan Kemenkomaritim, dan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dan WNI yang telah lama tinggal di Okinawa. Lama studi yang selesaikan di MIK adalah 3 tahun, lama studi tersebut sudah termasuk di Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *