PENGALAMAN KULIAH DI OKINAWA, JEPANG (DDP Program UNDIP-University of the Ryukyus 2015-2017)

Okinawa merupakan salah satu perfecture yang ada di Jepang yang merupakan daerah kepulauan tropis yang masih dipengaruhi oleh iklim sub tropis. Daerah yang nyaman dan aman untuk tinggal, masyarakat yang ramah, budaya dan keindahan alam yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung menjadi nilai lebih saat kami belajar di University of the Ryukyus. Ryudai daigaku yang kerap disingkat dengan Ryudai merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Jepang dan salah satu tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Kelautan.

Sistem pendidikannya sendiri sangat berbeda dengan Indonesia. Keuntungan belajar di luar negeri diantaranya:

  1. Kita akan di hadapkan dengan permasalahan yang lebih kompleks dibandingkan saat kita belajar di dalam negeri. Hal ini dapat menjadi wadah dalam pembentukan karakter, dan mengasah kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah, lebih mandiri dan kreatif.
  2. Kita di hadapkan dengan bahasa yang berbeda, bagaimana kita berupaya untuk membuat komunikasi yang baik dengan supervisor, lab mamber, sesama international student, serta berinteraksi dengan masyarakat lokal. Kendala karena perbedaan budaya terkadang bisa menimbulkan kesalahpahaman namun kita bisa saling memahami satu sama lainnya.
  3. Sistem pembelajaran yang berbeda, dimana aktivitas pembelajaran lebih banyak di lakukan dalam bentuk penelitian. Kuliah di sini berlangsung sekitar 2-3 kali pertemuan dalam seminggu selebihnya adalah doing research. Sarana dan prasarana sangat mendukung untuk kegiatan pembelajaran. Pemilihan mata kuliah bisa dilakukan lintas departemen selama itu menunjang penelitian kita maka sah-sah saja. Setiap minggunya akan ada seminar dan progress report dimana kita dapat berdiskusi mengenai kemajuan dan permasalahan penelitian yang kita alami selama seminggu terakhir dan harapannya kita dapat mendapatkan solusi.
  4. Di kampus banyak diadakan seminar-seminar yang dapat kita ikuti for free meskipun itu lintas bidang, hal ini dapat membuka wawasan kita dan bisa memberikan inspirasi untuk kita.
  5. Menjalani itu semua mungkin tidak mudah, tapi selama kita punya tekat dan kemauan yang kuat untuk belajar, tekun dan pantang menyerah hasil kerja keras kita pasti akan membawa hasil yang indah.

Semoga bermanfaat.

Salam hormat

-AF-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *