Meraih Mimpi Studi di Okinawa untuk Mempelajari Genetika Laut

by: Eko Hardianto, S.Pi., M.Si., M.Sc

Saya merupakan lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang pada program studi Managemen Sumberdaya Perairan (MSP). Setelah dinyatakan lulus sarjana pada Oktober 2015, saya mendaftar ke Magister Ilmu Kelautan (MIK) di Univeersitas Diponegoro Semarang. Pada waktu itu dibuka pula pendaftaran Double Degree Program (DDP) di mana MIK bekerja sama dengan universitas di Perancis dan universitas di Jepang. Informasi tentang MIK saya dapat dari alumni MIK yang telah bekerja menjadi Dosen di Universitas Brawijaya bahwa di MIK undip memiliki program Double Degree (DDP) yang memungkinkan kita untuk belajar selama 1 tahun di Indonesia dan 1,5 tahun di Jepang atau 1 tahun di Perancis. Saya sangat tertarik dan bersemangat untuk mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan dan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru. Akhirnya, saya resmi menjadi mahasiswa MIK pada Agustus 2016.

Seleksi mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang pun dilakukan enam bulan kemudian (Februari 2017) dan saya berhasil mendapatkan LoA pada bulan April 2017. Untuk lolos program DDP beberapa persyaratan harus kita penuhi, selain kita harus membuat proposal penelitian yang sesuai dengan penelitian Professor yang kita tuju di Jepang juga ada sesi wawancara dan beberapa persyaratan lainnya. Namun hal itu tidak membuat semangat saya surut. Dengan doa dan usaha Alhamdulillah saya dapat melaluinya. Saya berangkat ke Jepang pada Oktober 2017 dan melanjutkan sisa masa perkuliahan di University of the Ryukyus (UR), Okinawa selama 1.5 tahun. Pembelajaran di UR lebih berfokus pada aktivitas laboratorium dimana setiap hari aktif perkuliahan kita wajib datang ke laboraorium dan melakukan research. Setiap satu minggu sekali dilakukan meeting evaluation progress untuk mengetahui perkembangan kita selama seminggu kebelakan dan perencanaan kita selama seminggu kedepan. Hal tersebut membuat kita lebih matang dalam melakukan penelitian dan perencanaan penelitian. Meskipun begitu perkuliahan juga dilakukan dimana selama di UR total saya mengambil 4 mata kuliah yang menunjang penelitian saya. Di University of the Ryukyus Saya bergabung dengan Faculty of Science, Chemistry, Biology and Marine Science Department dan penelitian saya di bawah bimbingan dari Associate Prof. Hideyuki Imai. Di Imai laboratory memiliki bidang penelitian tentang Genetic population structure  dari organisme laut.

Pengalaman luar biasa lainnya yang saya dapatkan adalah ketika mengikuti beberapa International Conference di Jepang. Pada acara tersebut kita dapat banyak belajar dan juga berdiskusi dengan para peneliti lain dari luar negeri, hal tersebut sangat bermaanfat untuk menambah keilmuan kita. Pengalaman belajar diluar negeri bukan hanya melulu tentang belajar, pendidikan dan penelitian. Namun juga mengenal budaya dari negara lain. Jepang merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi kebudayaannya. Di UR memiliki program pengenalan budaya jepang untuk mahasiswa Asing yang sangat menarik dan Saya bergabung pada program tersebut. Melalui program tersebut saya dapat mengunjungi berbagai kota bersejarah di Jepang seperti Kyoto, Osaka, Nara dan Shiga. Hal tersebut merupakan salah satu pengalaman terbaik saya di sana.

Saya menyelesaikan master di Okinawa pada Maret 2019, Dari DDP MIK saya bisa mewujudkan salah satu mimpi saya untuk belajar di Jepang dan ilmu yang saya dapatkan mengantarkan saya mengalami pengalaman-pengalaman luar biasa. Saya sangat berterimakasih pada berbagai pihak yang telah mendukung saya terutama pada dosen-dosen dan pengelola MIK Undip atas bantuanya dalam berbagai macam hal. MIK Undip memilikihubungan yang baik dengan banyak Universitas diluar negeri. Semoga hal tersebut dapat dikembangkan lebih baik lagi dan menjadi sarana untuk memajukan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *